Friday 8 May 2015

GAME OUTDOOR : LONCAT HARIMAU

Game ini terbilang game outdoor, sebenarnya bisa saja dilakukan di dalam ruangan (indoor) tapi lebih bagusnya lagi di luar ruangan (outdoor), karena dalam permainan kali ini dibutuhkan banyak ruang untuk bergerak. Sesuai dengan nama permainan ini, permainan ini sarat akan loncat-meloncat, oleh karenanya dubutuhkan fisik yang kuat untuk melakukan permainan ini. Untuk keamanan,  lindungi siku peserta dengan protektor untuk melindunginya dari benturan dengan tanah.


YANG DIBUTUHKAN

  • Instruktur/Pembina = 2 orang (1 orang untuk memantau 1 grup, satu orang yang lain untuk memantau grup lain)
  • Peserta = 20 orang (1 grup terdiri dari 10 orang, sehingga 20 orang menjadi 2 grup)


BAGAIMANA CARA BERMAIN


  • Kumpulkan para pesera menjadi 2 grup (grup A dan grup B), jarak grup A dengan grup B sekitar 5 meter.
  • Satu orang peserta dari grup A berlari ke depan sejauh 8 meter, ia harus berlari dengan cepat lalu setelah ia mencapai 8 meter (lebih bagus lagi diberi garis) ia menunduk (seperti ruku' orang shalat).
  • Setelah peserta tadi menunduk, mulailai peserta lain berlari dan meloncatinya dengan benar. Setiap peserta yang meloncati peserta lainnya harus menunduk agar bisa diloncati peserta yang belum loncat, begitu seterusnya hingga peserta ke 10.
  • Pemenangnya adalah grup yang peserta terakhirnya lebih dulu loncat dari peserta terakhir grup lain.


Ketika para peserta meloncati peserta lainnya, peran instruktur/pembina adalah menilai apakah loncatnya sudah benar atau salah, jika loncatnya tidak benar, sang instruktur/pembina berhak memberi instruksi kepada peserta yang bersangkutan untuk mengulangi loncatannya. Peran instruksi/pembina lainnya adalah menentukan siapa yang menjadi pemenang.

No comments:

Post a Comment