Monday 27 April 2015

GAME OUTDOOR DAN INDOOR : MENGENAL HURUF, ANGKA DAN BENTUK

GAMBARAN UMUM
Mengenalkan huruf pada anak tidak selalu di dalam kelas dengan metode buku, kita bisa melakukan hal itu sambil mengajak anak peserta melakukan olahraga berupa loncatan. Permainan ini bisa dilakukan di dalam ruangan (indoor) ataupun di luar ruangan (outdoor). Pada permainan kali ini, fisik juga daya ingat anak akan dilatih. Instruktur/pembina juga dapat berimprovisasi pada permainan ini dengan memberikan instruksi yang lebih sulit pada anak yang usianya lebih besar.




YANG DIBUTUHKAN
- Instruktur/pembina : 1 orang sudah cukup
- Peserta didik : 1 orang sudah bisa, lebih banyak lebih meriah
- Kertas koran : banyak lebih baik
- Spidol atau krayon atau pewarna kertas lainnya.
- Gunting

CARANYA

  • Kertas koran, guntinglah kertas koran membentuk suatu bentuk dasar (bulat, kotak, segitiga, persegi panjang), satu kertas koran untuk satu bentuk dasar.- Kertas koran yang telah membentuk suatu bentuk tersebut diberi warna (satu bentuk satu warna, segitiga berwarna merah msalnya).
  • Kertas koran yang telah berbentuk dan berwarna tersebut diberi huruf (satu bentuk satu huruf).
  • Masing-masing bentuk ditempelkan ke lantai secara mengacak dan jangan terlalu berjauhan.
  • Mulai bermain : Instruktur/pembina memberikan perintah kepada peserta "loncatlah ke depan" lalu peserta meloncat ke depan dan harus menyebutkan bentuk dan huruf serta warna pada apa yang ia pijak (misalnya "bulat - R - hijau"), Instruktur/pembina bisa menambahka perintah "loncat ke samping" atau "loncat ke belakang" dan seterusnya.


Ada baiknya bagi peserta yang masih kecil diberitahu terlebih dahulu macam-macam bentuk, warna dan huruf. Instruktur/pembina juga bisa memfokuskan pada bentuk saja atau warna saja atau huruf saja agar lebih fokus dalam mengenalkan sesuatu. Untuk peserta yang usianya lebih besar, Instruktur/pembina dapat menambahkan bentuk bangunan lainnya semisal heksagonal, jajargenjang atau yang lainnya. Selain menggunakan kertas koran, bisa juga menggunakan kertas karton berwarna atau kertas asturo berwarna.

 Apa manfaatnya?

Banyak hal yang didapat dari permainan ini. Para peserta belajar untuk mengenali bentuk (atau warna atau huruf atau angka). Para peserta juga belajar untuk menyeimbangkan badan melalui aktivitas fisik melompat. Mereka juga belajar menggerakkan badan dengan berbagai macam cara dan gaya. Saat Anda meminta para pemain mengikuti rangkaian instruksi Anda, di saat yang sama para peserta meningkatkan kemampuan daya ingat mereka-kemampuan mereka untuk mendengar, mengingat, dan mengaplikasikannya.

Sudah segitu aja, kalau belum jelas bisa bertanya di kolom komentar. Selamat bermain (^_^)

No comments:

Post a Comment