Tuesday 5 May 2015

GAME INDOOR & OUTDOOR : PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN BAHASA-VERBAL

GAMBARAN UMUM
Instruktur/Pembina memberikan instruksi kepada peserta dengan mengatakan "BOLA BADAI" maka para peserta melempar dengan cara mengayun tangan dari atas kepala ke arah pemain lain secepat mungkin, lalu selanjutnya instruksi bisa divariasikan.





YANG DIBUTUHKAN :
- Instruktur/Pembina = 1 sudah cukup
- Peserta = 1 minimal
- Bahan/Alat = bola atau sesuatu yang dapat dilempar dan nyaman ditangkap

BAGAIMANA CARA BERMAIN

Instruktur/Pembina menerangkan terlebih dulu maksud dari setiap instruksi yang disebutkan. Saat Instruktur/Pembina mengatakan “BOLA BADAI!”, maka para peserta melempar bola dengan cara mengayun tangan dari atas kepala ke arah peserta lain secepat mungkin.

Jika Instruktur/Pembina mengucapkan “BOLA SALJU!”, peserta melempar bola dengan mengayun tangan dari bawah dan melemparkannya secara perlahan ke peserta lainnya.

Jika Instruktur/Pembina mengucapkan “BOLA KOLONG!”, maka pemain harus mengangkat salah satu kakinya dan melempar bola melewati bawah kaki tersebut.

Jika Pemanggil mengatakan “BOLA DUNIA!”, pemain harus berputar dahulu sebelum melempar bola (untuk variasi, Anda dapat mengatakan “BOLA DUNIA BADAI!” atau “BOLA DUNIA SALJU!”).

Jika Pemanggil mengatakan “BOLA SUARA!”, maka pelempar harus mengeluarkan suara terlebih dahulu sebelum melemparkan bola.


VARIASI PERMAINAN
Kalimat instruksi di atas hanyalah contoh gambaran, ada banyak instruksi yang dapat digunakan sebagai variasi dalam permainan ini, instruksi BOLA SALJU bisa anda ganti dengan kalimat yang lain, begitu juga dengan BOLA BADAI dan seterusnya, yang penting, Anda menjelaskan terlebih dahulu makna dari setiap instruksi yang akan Anda berikan.

Selain instruksi, Anda juga dapat memvariasikan bolanya, bermain dengan bola tenis mungkin lebih mengasyikan di dalam ruangan, atau bila di luar ruangan mungkin dengan bola voli lebih mengasyikan, semua itu terserah Anda.

APA YANG DIPELAJARI?

Belajar berkonsentarasi saat mendengar adalah keahlian yang tidak bisa diremehkan. Biasanya saat mendengar perkataan orang lain, tidak lama kemudian kita menyadari bahwa kita sama sekali tidak mengerti apa yang dikatakannya. Telinga kita bisa mendengar, tapi bila otak kita tidak “nyambung” secara simultan, maka sebenarnya kita tidak mendengar. Bola Badai Bola Salju memotivasi peserta untuk tetap membuka telinga mereka, mengaktifkan pikiran dan kesigapan fisik, karena setelah mereka mendengar instruksi, mereka harus melakukan perintah instruksi tersebut dengan tepat.

No comments:

Post a Comment